Rabu, 06 Juli 2011

The Journey Of English Village

kalian semua pasti uda pada gak asing lagi dengan yg namanya kampung inggris bukan ? di sini aku akan bercerita tentang perjalanan dari jakarta ke kampung inggris tersebut. sudah sebulan yg lalu aku prepare dengan tujuan aku tersebut yaitu kursus bahasa inggris di pare suatu kampung di kota kediri di mana banyak sekali tempat kursus yang menawarkan kursus bahasa inggris, namun tidak hanya bahasa inggris saja yang di tawarkan di pare ada beberapa tempat kursus yang menawarkan bahasa arab, jepang, jerman bahkan mandarin, tetapi mayoritas lebih dominan ke bahasa inggris makannya kampung ini di sebut sebagai kampung inggris. karna ada ratusan tempat kursus bahasa inggris di sini dan kandidat nya pun berasal dari berbagai pelosok nusantara ini.

tepatnya selasa sore jam 17.30 aku berangkat dari stasiun gambir ditemani abang kandung aku, niatnya mau naik kereta anggrek yakni kereta eksekutif terbaik seantero nusantara ini tapi syg udah keabisan tiket duluan yasudah walhasil aku menggunakan kereta eksekutif gajayana dengan harga tiket Rp 335.000. perjalanan agak ngaret sekitar 3 jam karna di loket tertulis sesampainya di stasiun kediri pukul 3 dini hari, tapi yaa memang culture nya orang indonesia yang serba ngaret aku udah maklumin lah. pukul 6 pagi hari rabu aku tiba di stasiun kediri (gilaa aja uda eksekutif masi 12 jam lama nya perjalanan).

sesampainya di sana aku aktifkan GPS untuk mencapai desa tulungrejo biar gak nyasar dan buat hafalin jalan. sempat nanya sama mbak2 warung
aku : mbak klo mau ke kampung inggris dari sini transportasi nya apa yaa?
mbak'e : ohh kamu naik becak saja mas minta turunin di parahyangan di sana ada elf yg biasa ngetem  nunggu penumpangnya, cuma elf itu yang melewati kampung inggris kalau yg lain hanya turun di depan desanya saja enggak ke dalam kampungnya (mbak nya ramah dan ngejelasin sampai detail bgd, mungkin emang orang kediri ramah tamah atau mbak nya ramah karna aku abis makan di warung nya dia yaa ? whatever lah

aku ikutin saran mbak nya langsung naik becak dan turun di parahyangan dengan biaya 10 ribu dan langsung nyambung elf ke desa tulungrejo, biaya elf nya 20 ribu untuk 2 orang. benar saja sesampainya aku di pare sepanjang jalan banyak bgd tempat kursus bahasa inggris dan karna aku jam 8 pagi sampai di desanya kelas sudah mulai di buka jadi aku bisa melihat aktifitas mereka yang sedang kursus yakni ruangan kelas di saung2 gitu pokonya suasana nya merakyat bgd deh.

karna udah gak sabar ingin tanya beberapa tempat kursusnya aku langsung naik becak lagi buat take around di pare, beberapa sudah aku masukin kantor pendaftarannya, niatnya aku sih mau nya di BEC (Basic English Course) ini dedengkotnya tempat kursus di pare, konon  kalau uda pegang sertifikat BEC qt aman ngelamar kerja di mana aja soalnya sudah tidak di ragukan lagi kualitas dan kuantitas nya apalagi BEC rekanan nya lumayan banyak.
di sini agak formal di banding tempat kursus yang lain yaitu ketika belajar wajib menggunakan sepatu celana panjang dan baju kerah layaknya kuliah aja dan kalau hari jumat memakai seragam hitam putih (sama bgd dresscode nya klo lagi ujian utama di gunadarma). di tempat registrasi nya aku disambut langsung sama pendiri BEC yaitu Mr kalend seorang jebolan pondok pesantren modern gontor, beliau lah yang merubah wajah kampung ini dari gelap gulita hingga terang benderang seperti sekarang ini,

tapi syg sekali aku telat daftar di sini karna programnya sudah berjalan 2 bulan yang lalu jadi aku harus nunggu awal agustus untuk mengantri pendaftaran dan awal september baru aktif kelas belajarnya. oia di BEC qt kursus selama 6 bulan. karna sudah kehabisan seat youwis saya cari tempat lain dari mahesa,oxford, awareness, dan pilihan aku jatuh di access. di access saya ambil kelas yang cuma 2 minggu aja tapi langsung ambil 2 program yaitu speaking dan grammar dan ngecamp di tempat ini. lagi2 aku harus nunggu sampai tanggal 11 karna program camp (english area) memang dibuka setiap tanggal 10 dan 25 nya jadi kalau ada yang daftar lebih baik sebelum tanggal itu.

karna saya harus nunggu selama 5 hari yasudah saya cari kostan yang bisa nampung saya selama seminggu, dan kostan trijaya lah pilihan saya, selama seminggu saya di kenakan biaya 125 ribu tapi kalau ngekost di sini perbulannya 150 ribu. setelah dapat kostan aku yang gak bisa diam langsung keluyuran lagi sedangkan abang aku sendiri udah tepar dikostan, cari2 tempat penyewaan sepeda dan dapet sepeda second dengan biaya sewa 50 ribu selama sebulan dengan jaminan kartu mahasiswa aku di tahan. di sini lingkungannya go green bgd kendaraan ber mesin memang jarang udah gak asing banyak sekali qt temui orang2 di sini mayoritas bersepeda semua.

tujuan yang aku cari yaitu alfamart karna banyak kebutuhan yang mau aku beli di sini, sudah berkilo kilo aku goes menggunakan sepeda tapi alfamart tak kunjung juga ku temukan, padahal menurut aku daerah ini gak terlalu kampung2 amat koq malah terlihat seperti layaknya perumahan yang berkomplek gitu tapi kenapa tidak ada alfamart, ehmm ora urus lah akhirnya aku dapat juga tapi bukan alfamart melainkian krisnha mart, hampir sama dengan alfamart indomart dll cuma nama nya aja yg beda

setelah aku belanja ngiter2 lagi di pare sekalian hafalin jalan aku aktifkan lagi GPS nya dan aku tandai tempat2 penting dimana kalau aku butuh tinggal swiiing langsung ke sana, seperti toko aksesories komputer karna gak bawa laptop aku beli hardisk eksternal dan flashdisk cuma duitnya blm ada makannya aku mark location dulu, trus lapangan badmintoon dan cafe2 (oia di sini juga ada beberapa cafe cuman masi tradisional bgd mantep deh pokok'e) atau tempat2 makan yang pengunjung nya ramai mayoritas peserta kursus.

karna badan udah kelelahan akhirnya aku langsung menuju kostan,. mandi dan langsung tepaaarrr. nanti akan aku update lagi info2 tentang kampung inggris ini dari mulai aktifitas belajarnya, tentang asrama inggris dan tentunya tentang lingkungan di sini. untuk sementara bersambung dulu di sini. sleeeeep tidoorrrrr

Tidak ada komentar: